Cari Blog Ini

Minggu, 09 Mei 2010

International Museum Day


Perayaan hari museum secara internasional merupakan cara menyatukan hubungan terhadap warisan budaya yang merupakan identitas bersama sebagai manusia dan sebagai komunitas. Tentang apapun yang kita yakini dan bagaimanapun cara kita mengekspresikan itu. “Museums and Tourism mendorong pekerja professional di bidang museum dan sukarelawan museum bekerja sama dengan pengunjung dan turis untuk melahirkan interaksi dengan komunitas lokal. Supaya heritage bisa dirasakan baik di dalam maupun di luar tembok museum,” papar Cummins. 
Sejak 1977 ICOM menggagas IMD untuk meningkatkan kepedulian terhadap peran museum dalam pembangunan masyarakat. Dua tahun lalu ICOM merayakan hari museum dengan tema Universal Heritag” sedangkan tahun lalu ICOM mengambil tema Social Change and Development. Dalam perayaan tahun ini, museum di berbagai negara menggelar beragam aktivitas seperti workshop, konferensi, seminar, termasuk membuka museum hingga malam hari.
Museum berakar dari bahasa Yunani mouseion, yaitu kuil untuk sembilan Dewi Muse, anak-anak Dewa Zeus yang tugas utamanya adalah menghibur. Dalam perkembangannya mouseion menjadi tempat kerja ahli pikir zaman Yunani kuno, seperti sebagai tempat sekolah Pythagoras dan Plato. Museum yang tertua sebagai pusat ilmu dan kesenian adalah yang pernah terdapat di Iskandarsyah (Alexandria).
Lama kelamaan gedung museum tersebut yang pada mulanya tempat pengumpulan benda-benda dan alat-alat yang diperlukan bagi penyelidikan ilmu dan kesenian, ada yang  berubah menjadi tempat mengumpulkan benda-benda yang dianggap aneh. Perkembangan ini meningkat pada abad pertengahan di mana yang disebut museum adalah tempat benda-benda pribadi milik pangeran, bangsawan, para pencipta seni dan budaya, para pencipta ilmu pengetahuan. Kumpulan koleksi yang ada mencerminkan apa yang khusus menjadi minat dan perhatian pemiliknya.
Benda-benda hasil seni rupa sendiri ditambah dengan benda-benda dari luar Eropa merupakan modal koleksi yang kelak akan menjadi dasar pertumbuhan museum-museum besar di Eropa. Museum ini jarang dibuka untuk umum karena koleksinya menjadi ajang prestise dari pemiliknya dan biasanya hanya diperlihatkan kepada para kerabat atau orang-orang dekat.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar: